Sewa Mobil Travel

Rental Mobil Avanza

Rental Mobil Avanza

Rental Kia Pregio

Rental Kia Pregio

Rental Elf

Rental Bus Pariwisata

Rental Bus Pariwisata

Wisata Gunung Bromo: Apa Yang Membuat Banyak Orang ke Tempat Ini?

Gunung Bromo; pasir, rerumputan, bebatuan, sejuk, spiritual, misterius, indah, inilah yang akan anda temukan ketika berada ditempat ini, suatu keadaan yang beragam namun saling berdampingan membuat gunung Bromo menjadi primadona wisata di Jawa Timur. Gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini bukan saja dikenal oleh wisatawan lokal, tetapi juga pesonanya sudah menggema sampai ke mancanegara. Lalu apa saja yang menjadi daya tarik maha karya Tuhan yang satu ini?


Bromo merupakan lokasi terbaik di Indonesia untuk menyaksikan sunrise

Walau di Indonesia cukup banyak pilihan tempat-tempat andalan untuk melihat sunrise, namun Bromo adalah salah satu tempat tercantik yang layak anda pilih untuk menanti sang fajar. Keindahan sunrise di Gunung Bromo memiliki ciri khas tersendiri, eksotika alamnya yang unik dan indah dibalut oleh kesejukannya, serta kabut bak lautan yang menyelimuti lembah seakan membuat kita serasa di negeri fantasi.

Menikmati sunrise di Penanjakan Bromo

Sunrise di Gunung Bromo yang merupakan gunung merapi aktif ini dapat anda nikmati dari beberapa view point yaitu: Penanjakan, Seruni Point, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, dan Puncak B29 Bromo. Dari beberapa view point tersebut yang paling populer adalah Penanjakan, ya memang masing-masing view point memiliki sensasi tersendiri untuk menikmati sunrise, namun selain keindahannya, yang membuat Penanjakan menjadi pilihan adalah pembangunan akses dan medan untuk mencapainya terbilang cukup memadai. Penanjakan yang juga masih berada dalam kawasan Taman Nasional Tengger Bromo Semeru ini banyak diincar penggemar Photography & Videography untuk mengabadikan momen-momen indah di Gunung Bromo.

Tips menikmati sunrise Bromo:
Waktu kunjungan terbaik untuk menikmati sunrise di tempat ini adalah di musim kemarau, tentu anda tidak mau kehilangan momen ini dikarenakan cuaca yang tidak bersahabat bukan?
Tidurlah lebih awal di malam sebelum anda memburu sunrise agar anda dapat beristirahat cukup, karena setidaknya jam 3 pagi, anda sudah harus berangkat untuk naik ke view point.
Untuk hari-hari libur nasional, weekend, liburan high season, serta saat penyelenggaraan upacara Kasada, disarankan untuk memesan penginapan dan transport dari jauh hari, karena selain jumlahnya terbatas tarifnya juga akan jauh lebih mahal.
Penanjakan adalah view point yang tepat untuk menikmati sunrise bromo, selain pemandangannya yang indah, penanjakan juga masih berada dalam kawasan Taman Nasional sehingga lebih mudah untuk dijangkau. Ada dua pilihan yaitu: penanjakan 1 dan penanjakan 2, walau sama-sama indah namun yang menjadi favorit adalah penanjakan 1, karena rute untuk menuju tempat ini lebih baik dan mudah.
Carilah penginapan yang masih berada dalam kawasan wisata Bromo agar anda tidak tergesa-gesa ketika akan berangkat ke view point di saat subuh. Pastikan anda tidak ketinggalan momen sunrise dikarenakan jarak antara penginapan dan view point terlalu jauh.
 Untuk menjangkau view point, wisatawan diharuskan menggunakan Jeep yang disediakan sebagai transportasi wajib untuk naik ke titik-titik wisata Bromo, dan tentunya tidak gratis bahkan bisa dibilang cukup mahal. Memesan paket tour lengkap dengan Jeep dipastikan akan menekan biaya sehingga Anda tidak membayar teralu mahal hanya untuk menyewa Jeep.
Suhu di Bromo bisa mencapai 10°C, bawalah perlengkapan yang dapat menghangatkan diri anda: jaket tebal, sarung tangan, kupluk (disarankan memakai tutup kepala yang bisa menutup sampai ke telinga), syal dll.
 Bawalah minuman & makanan ringan kesukaan anda, menunggu dengan santai terbitnya matahari sambil menyantap cemilan favorit anda di tempat yang indah ini, dapat memberikan kesan tersendiri yang akan mewarnai liburan anda.
Tentunya anda tidak akan menyia-nyiakan pengalaman ini, bawalah kamera, hp, atau apapun untuk mengabadikan momen-momen indah yang akan anda alami, tentunya dengan baterai yang full, jadi jangan lupa charge baterainya yah sebelum berangkat.
 Peralatan lain yang akan sangat membantu anda: senter, bangku portable, terpal/alas untuk duduk.

Bukit Teletubbies bukan fiktif, ternyata ada di kawasan Bromo

Anda masih ingat acara televisi dengan tokoh Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa & Po, jika anda ingat, acara tersebut mengambil background sebuah padang rumput hijau yang luas nan indah. Nah ternyata tempat tersebut bukan fiktif belaka, karena anda bisa menemukan tempat seperti itu di sekitar kawasan wisata Bromo yang bernama bukit Teletubbies atau disebut juga padang savana bromo/ bukit savana, letaknya ke arah desa Cemoro Lawang, Sukapura, kabupaten Probolinggo. Anda juga bisa menikmati sunrise di tempat ini yang tidak kalah indahnya, gradasi perpaduan warna hijau dan keemasan dari sinar matahari terbit melahirkan eksotika yang begitu indah sehingga banyak diburu oleh para wisatawan, tetapi umumnya wisatawan datang ke lokasi ini setelah mengunjungi kawah Bromo dan penanjakan. Para wisatawan singgah untuk menikmati keindahan padang hijau berbukit yang banyak ditumbuhi perdu & pakis serta bunga-bunga cantik bak selimut bidadari, berfoto ria sambil menelusuri lautan hijau dengan bejalan kaki ataupun berkuda, dan bahkan anda juga bisa berbaring sambil menatap langit biru yang indah. Cara untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan Jeep, motor/ojek, menyewa kuda, atau jika anda membawa rombongan anda juga bisa berjalan santai ke bukit Teletubbies dari kawah Bromo.
Waktu terbaik menikmati bukit teletubbies/padang savana bukan musim kemarau, melainkan masa-masa memasuki musim semi atau pertengahan musim hujan, yaitu antara Januari - April, di waktu tersebut pemandangan hijau ditempat ini terlihat sempurna.
Kenakan topi lebar, sarung tangan, baju lengan panjang, gunakan sunblock, bawalah air minum, percayalah anda sangat membutuhkan hal-hal ini.

"Pasir Berbisik" Tidak perlu ke Afrika, anda bisa menemukan gurun pasir di Bromo bak Sahara

 
kalau Afrika punya gurun Sahara, ternyata Indonesia juga punya gurun pasir seluas mata memandang yang bernama Pasir Berbisik, anda baru tau? ya mungkin bagi kebanyakan orang Indonesia belum mengetahuinya, karena pemandangan seperti ini identik dengan alam Timur Tengah atau Afrika, tapi bagi mereka yang pernah ke Bromo pasti tidak akan melewatkan yang satu ini. Pasir Berbisik yang juga masih berada dalam kawasan wisata gunung Bromo merupakan rute wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Padang pasir yang semakin dikenal tahun 2001 ini mulai populer ketika salah satu film Indonesia mengambil latar di tempat ini, akhirnya judul dari film tersebut dipakai untuk sebutan padang pasir yang dulunya tidak memiliki nama yaitu " Pasir Berbisik ". Pasir Berbisik berada tidak jauh dari kawah Bromo, jaraknya hanya belasan menit perjalanan. Ketika anda sampai di tempat ini, anda akan mulai merasa sedang berada jauh dari Indonesia.
Pastikan kamera anda selalu ON dan kreasikan gaya anda.

"Kawah Bromo" budaya, mistis, dan alam yang menjadi kesatuan dari pesona Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung merapi aktif yang menjadi bagian dari pegunungan tengger, dengan kata lain Bromo berada dalam barisan yang sama dengan gunung Semeru (gunung tertinggi di pulau Jawa). Yang menjadikan gunung ini sangat spesial adalah kawahnya yang begitu besar dan mengerikan namun sekaligus menarik, karena kita bisa melihat langsung aktivitas vulkanis di dasar kawah dengan berdiri di tepian atas kawah. Asap yang ditimbulkan dari aktivitas vulkanis menambah daya tarik dan kemisteriusan gunung ini. Khusus di bulan Kasada di hari ke 14-16 yaitu di malam bulan purnama, anda memiliki kesempatan untuk melihat langsung ritual upacara Kasada yaitu sebuah ritual penduduk asli suku tengger yang beragama hindu. Ritual ini diisi dengan pelemparan sesaji dan hasil bumi ke dasar kawah sebagai simbol ucapan syukur dan persembahan ke Syah Hyang Widhi Wasa. Uniknya dalam perayaan tersebut, di waktu yang sama masyarakat asli tengger lainnya dengan tidak ragu menuruni tepian kawah hanya untuk menangkap persembahan yang sedang dilemparkan, tidak jarang dari mereka akhirnya tergelincir dan jatuh di kawah tersebut. Mengerikan memang, walau mengancam keselamatan mereka, tetapi masyarakat tengger meyakini persembahan tersebut adalah berkah dari Tuhan yang sepadan dengan resiko yang mereka ambil. Penasaran bukan?
Untuk mencapai puncak dari tepian kawah ini harus membutuhkan niat dan semangat yang tinggi, karena anda harus rela berjalan/berkuda sejauh 2km dari parkiran jeep ditambah anda harus menaiki tangga yang lumayan sempit dan ekstrim dengan total anak tangga berjumlah sekitar 250 buah, belum lagi anda harus berdesak-desakan dan mengantri karena tidak jarang pengunjung yang ke tempat ini begitu membludak. Yah tapi ketika sampai di atas anda akan tau kenapa semua orang rela untuk bersusah payah mencapai kawah tersebut.
Ingatlah aktifitas ini cukup menguras tenaga, jadi perhatikan kesehatan anda dan orang yang bersama anda. Anak kecil dan lansia butuh perhatian ekstra. Disarankan untuk menyewa kuda di medan yang memungkinkan jika anda ingin menghemat energi anda.
Bawalah minuman dan vitamin untuk memulihkan tenaga anda.

Lalu bagaimana cara anda sampai ke kawasan wisata Bromo?

Semua wisata di pulau Jawa umumnya ditempuh melalui darat, karena selain fleksible, anda juga tidak akan kehilangan kesempatan untuk mengenal lebih banyak kebudayaan dan objek wisata di sepanjang perjalanan anda. Kebanyakan wisatawan akan mengunjungi beberapa tempat di sepanjang rute yang mereka tempuh. Khusus untuk tempat wisata gunung Bromo, bisa anda tempuh melalui 4 jalur yaitu: jalur dari kabupaten Lumajang, jalur dari Malang, jalur dari pasuruan, dan jalur dari Probolinggo. Dari keempat jalur tersebut, yang menjadi jalur utama ke kawasan wisata bromo adalah jalur Probolinggo, karena di sepanjang jalur ini terdapat beragam tempat wisata dan keindahan alam yang menarik.
Tips transportasi darat ke kawasan wisata Bromo:
 Gunakanlah mobil kecil atau minibus, dan bukan bus medium/besar karena anda akan menemukan medan yang cukup esktrim untuk dilalui bus besar: untuk maksimal 6 orang gunakanlah mobil Avanza/Innova, dan jika lebih dari itu anda bisa menggunakan mobil Elf (kapasitas maksimal 19 penumpang) atau Hiace (kapasitas maksimal 14 penumpang).
Jika anda menyewa mobil, pesanlah mobil anda dari jauh hari, karena di hari-hari libur umumnya permintaan sewa mobil pariwisata meningkat dan harganya pun relatif mahal. Jadi jangan sampai rencana liburan anda terkendala karena anda tidak mendapatkan penyewaan mobil.
 Rental Mobil Elf & Bus Pariwisata:
Kendaraan PenumpangKlik link berikut
ElfMaks. 19 Rental Elf Jakarta, Rental Elf Tangerang, Rental Elf Bekasi
Bus PariwisataMaks. 59 Bus Pariwisata Jakarta, Bus Pariwisata Tangerang, Bus Pariwisata Bekasi
AvanzaMaks. 6Rental Avanza Jakarta, Rental Avanza Tangerang, Rental Avanza Bekasi
InnovaMaks. 7Rental Innova Jakarta, Rental Innova Tangerang, Rental Innova Bekasi

 Biaya-biaya di kawasan wisata Bromo:
Biaya TarifKeterangan
Tiket Masuk (wislok)Rp.27,500,- Tarif untuk wisatawan lokal (sudah termasuk asuransi)
Tiket Masuk (wisman)Rp.217,000,- Tarif untuk wisatawan asing (sudah termasuk asuransi)
PenginapanRp.250,000,- Tarif kamar per malam
Sewa JeepRp.550,000,- Tarif Jeep kapasitas 5-6 orang

Wisata Jawa

Wisata Jawa